Sabtu, 31 Desember 2016

Coretan Akhir Tahun 2016

Selamat malam sobat. Tahun 2016 sedikit lagi segera berakhir. Sebelum melewatkan tahun yang penuh dengan segala peristiwa suka dan duka ini, saya ingin sekali menuliskan kilas balik peristiwa yang saya alami selama tahun 2016 ini. Bisa dibilang Coretan Akhir tahun 2016 , mungkin itulah yang sedang saya buat sekarang. Mungkin gak terlalu lengkap, hanya beberapa kejadian yang saya ingat di tahun ini. 

► Februari 2016
Perubahan final yang terjadi pada tampilan blog saya. Terlihat jelas perubahan yang terlihat. Dari logo header yang tampak elegan sampai favicon yang sederhana dan keren. Dari serangkaian perubahan yang telah dilakukan, ini merupakan akhir dari reformasi blog saya. Dalam perubahan yang kali ini saya lakukan sangat terasa semangat baru yang ingin dikedepankan.

► 26 Maret 2016
Postingan saya sudah yang ke seratus. Tidak terasa memang. Seratus bukan lah angka yang banyak. Sebenarnya bisa saja postingan ini terbit lebih cepat tahun lalu. Karena jarangnya saya membuka blog dan pernah beberapa kali vakum. Jadi baru bisa hari ini bikin postingan yang ke seratus.

► Juli 2016
Musibah datang karena suatu kecerobohan, saya mengalami kehilangan yg sangat penting. Aplikasi, coretan, mahakarya, catatan vital, bookmark, dan save pages yang tlah saya dapatkan bertahun-tahun terbuang percuma, cuma gara-gara salah pencet. Duh.. rasanya seperti setengah hidup, karena sepertiga hidup saya ada di data yang hilang tersebut. Maka dari itu saya akhirnya memutuskan untuk vakum ngeblog dulu sejenak, karena ini sangat mengganggu.Tak ada lagi harapan yang tersisa. Semua impian yang telah dicatat pun ikut menghilang. Terlebih tulisan draf beberapa postingan. Semangat ngeblog pun menurun drastis.

► Juli - Oktober 2016
Yak, pada bulan-bulan ini saya melalui peristiwa penting dalam pendidikan yaitu PKL/PRAKERIN. PRAKERIN adalah kependekan dari praktek kerja industri merupakan Kegiatan pendidikan pelatihan dan pembelajaran yang di laksanakan di dunia Usaha atau dunia Industri dalam upaya pendekatan atau untuk meningkatkan mutu para siswa-siswi SMK. Dengan Kopentensi siswa sesuai bidangnya dan untuk menambah bekal untuk masa-masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semakin banyak serta ketat dalam persaingannya. Nah saya kemarin prakerin dapat bagian di sebuah kantor pemerintahan. Selama tiga bulan saya mendapatkan banyak sekali pengalaman dari kegiatan tersebut. 

► Oktober 2016
Setelah selesai melaksanakan tugas negara dengan baik (baca: prakerin), saya dihadapkan dengan berita buruk. Platform Blog kesayangan kita semua, MyWapBlog mengumumkan bahwa ia akan menutup layanan nya secara total dan selamanya. Saya pun harus memikirkan gimana kedepannya nasib blog ini. Setelah pemikiran yang matang dan mantap, akhirnya saya harus hijrah. Saya memutuskan pindah ke platform Blogger yang banyak digunakan teman seperjuangan. 

► 5 November 2016
Mulai hari ini saya bangkit kembali dalam dunia blog. Setelah pindahan dari mywapblog ke blogspot, yang membuat saya harus melakukan adaptasi ekstrim. Biasanya kapanpun bisa edit postingan, sekarang harus buka pc dulu. Setelah melakukan pencarian, eh ternyata ada aplikasi Blogger buat Android. Untungnya hp saya sudah ganti jadi Android. Jadi lumayan membantu lah, walaupun fitur nya masih sedikit. Dan sampai sekarang pun saya masih agak kagok dengan aplikasi ini. Butuh penyesuaian yang panjang nampaknya.

►21 Desember 2016
Di penghujung tahun, saya melaksanakan study tour dari sekolah. Tempat yang kita kunjungi yaitu Puspa Iptek Sundial Bandung. Tempat ini merupakan suatu kumpulan alat peraga ilmiah. Lumayan lah untuk menjadi sumber belajar khususnya dalam mempelajari Sains dan Teknologi. Selain itu kita juga mengunjungi Balai Seni Barli. Itu tempat merupakan lembaga seni nonformal yang mencakup hampir seluruh jenis seni. Disini bisa nambah pengetahuan tentang seni, waktu kita datang kesana diajarkan cara membatik. Ya.. Pokoknya serulah di study tour ini. Sangat bermanfaat. 

Yak.. Cuma Segitu saja peristiwa yang memorable (Padahal 1/3 nya adalah peristiwa buruk). Mudah-mudahan ini dapat menjadi sebuah refleksi, paling tidak untuk saya sendiri. Akhirnya di antara sedikitnya tulisan saya di tahun ini dikarenakan banyak faktor yang menghambat, saya masih dapat merangkum nya untuk menjadi sebuah Coretan akhir tahun yang cukup mewakili atas segala yang terjadi sepanjang tahun 2016. Walaupun banyak duka nya daripada suka, tapi tahun akan saya ingat selalu sebagai seorang Blogger akan selalu mengingatnya. 


Terungkap tahun 2016 ini .. Saya menyimpulkan, kau adalah tahun yang sulit selama 3 tahun saya ngeblog. Kau telah mengajarkan saya banyak hal tentang waktu. Semoga tahun depan saya punya pengalaman yang lebih menarik lagi dan saya bisa lebih produktif dalam membuat sebuah karya yang lebih epic lagi. 

Oke, sekian. Selamat Akhir Tahun 2016 sob!

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan komentar, bebas asal sopan dan relevan.