Minggu, 22 Februari 2015

Perilaku Nilai positif orang yang berilmu dan bekerja keras

Selamat malam semuanya.. Malam ini adalah malam yg tepat untuk menyoroti tentang kaum muda yg menjadi penentu keberhasilan suatu bangsa di masa depan kelak. Di jaman sekarang, generasi muda mudi harus cepat bergerak, gesit, dan lincah. Dalam artian bahwa kita harus semangat tuk melanjutkan nasib bangsa kedepannya. Oleh karena itu harus kita harus berilmu dan memiliki semangat bekerja keras. Ada beberapa catatan harian di buku tulis saya ttg Perilaku dan nilai positif orang yg berilmu dan bekerja keras yg sayang kalau tak disebarkan walaupun, udh ribuan orang yg membahasnya.

Berilmu


Berilmu itu artinya pandai atau tidak bodoh, cerdas atau pintar. Berilmu adalah sikap perilaku yg didasarkan pada ilmu pengetahuan yg dimilikinya. Manusia yg berilmu adalah manusia yang memiliki ilmu pengetahuan, dan mau menggunakan akal sehatnya untuk berpikir jernih. Ilmu sendiri yg kelak akan menuntut kita meraih kesuksesan dan kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat.

Mencari ilmu itu banyak caranya, salah satunya adalah membaca. Membaca buku, membaca artikel, membaca proses kehidupan, membaca sebab dan akibat yg terjadi di bumi ini, Dgn membaca kita bisa tau. Dgn membaca kita bisa mengerti. Membaca adalah gerbang pembuka segala ilmu pengetahuan. Al-Qur'an pun telah menjelaskan ttg perintah membaca. Allah SWT berfirman :

"Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah! dan Tuhanmu Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya." (Q.S Al Alaq [96] 1-5)

Jadi, tdk diragukan lagi bahwa membaca itu sangat penting, untuk menjadikan pribadi yg berilmu.

Bekerja keras


Kerja keras berarti melakukan suatu usaha atau pekerjaan secara terus menerus tanpa mengenal lelah dan penuh semangat. Kerja keras juga dapat diartikan suatu tindakan atau perbuatan sepenuh hati yg dilakukan dengan segenap kemampuan yg dimiliki tuk meraih atau mendapatkan sesuatu yg diharapkan. Islam menganjurkan umatnya agar mau bekerja keras dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Sebaliknya, islam membenci umatnya yg hanya bermalas-malasan dan tidak mau bekerja keras. Rasulullah SAW. bersabda :

"Bekerjalah kamu untuk duniamu, seakan engkau hidup selamanya. Dan beribadahlah kamu untuk akhirat mu seakan-akan kamu mati besok"
(HR Abu Daud)


Hadits diatas adalah dalil sekaligus motivasi buat kita tuk selalu bekerja keras. Kerja keras sama aja dgn menghargai waktu dan lebih dekat pada hasil yg lebih optimal.

Sebagai seorang muslim, kita harus mengetahui bentuk perilaku dan nilai positif orang yg berilmu dan bekerja keras, agar dapat meneladaninya kedua unsur tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Diantara bentuk perilaku orang yg berilmu dan bekerja keras untuk para pelajar seperti saya adalah sebagai berikut :

  1. Slalu siap belajar dalam setiap kesempatan
  2. Berorientasi dan melihat ke depan
  3. Tidak menunda-nunda pekerjaan
  4. Memiliki motivasi yg tinggi dalam belajar



Adapun Nilai positif orang yg berilmu dan bekerja keras adalah sebagai berikut :

  1. Optimis dalam hidupnya
  2. Rajin berdoa dan berusaha
  3. Slalu bersabar
  4. Mendapatkan kedudukan yg tinggi disisi Allah SWT.



Akhir kata, teruslah mencari ilmu sampai ke ujung dunia. Dan abaikan semua rasa malas yg hinggap pada diri sendiri dan cobalah bekerja keras mulai detik ini hingga seterusnya, hingga kalian merasakan manfaatnya.

5 komentar:

  1. Good bgt aku lg scrolling timeline twitter, tiba" post ini menlintas di TL Warung Blogger

    BalasHapus
  2. ada pepatah mengatakan : carilah ilmu sampai ke negri cina

    BalasHapus
  3. Ruslan Abdul Gani23 Februari, 2015 05:07

    nice post

    BalasHapus
  4. top marotop

    BalasHapus
  5. izin save

    BalasHapus

Silahkan komentar, bebas asal sopan dan relevan.