Jumat, 13 Februari 2015

Perilaku orang yang beriman pada hari akhir

Selamat malam semuanya .. Kalau kita bicara tentang hari akhir pasti ga akan ada habisnya. Semua misteri, pertanda, bahkan kapan terjadinya pun tak ada seorang pun yang tau. Pada hari itu semua makhluk dilanda kepanikan. seperti laron yang mendekati cahaya lampu, ini akhir dari segalanya. Tak ada makhluk yang selamat dari peristiwa ini. Sejak meninggalkannya Nabi Muhammad SAW. sebenernya kita sudah berada diakhir zaman. Karena Nabi Muhammad SAW. adalah nabi akhir zaman. Jadi bisa dibilang kita hidup di akhir zaman. Zaman dimana yang buruk jadi baik, yang baik jadi buruk. Hampir tak ada perbedaan antara yang baik dgn yang buruk. Rasulullah SAW bersabda :

Akan datang suatu zaman dimana manusia tak lagi mempedulikan apakah yang dia cari itu halal ataukah haram.
(HR. Bukhari dari Abu Hurairah)


Oleh karena itu sebelum terlambat, kita harus terus beribadah kepada Allah SWT. dimanapun kapanpun. Kita pun harus percaya bahwa hari akhir itu pasti ada. sesuai dengan Rukun iman yang ke 5 yaitu iman kepada hari akhir. Jadi, yang dimaksud dengan iman kepada hari akhir adalah mempercayai dan menyakini akan adanya kehidupan yang kekal dan abadi setelah kehidupan dunia yang fana ini.

end-is-near.jpg


Maka dari itu manusia harus percaya bahwa suatu saat nanti dunia yang kita huni beserta isinya akan hancur. Dan akan mulai menjalani kehidupan kekal di akhirat nanti. Ada beberapa contoh perilaku seseorang yang beriman pada hari akhir yang sudah agak lama nempel di buku catatan saya. Daripada nganggur mendingan saya share, biar lebih bermanfaat bagi orang banyak. Berikut ini contohnya, disimak ya :

  1. Semangat dan optimis melakukan amal sholeh.
  2. Menghindari diri dari perbuatan buruk.
  3. Bersikap rendah hati dan tidak sombong.
  4. Mengontrol diri agar tidak tergelincir ke jalan yang tidak diridhoi Allah SWT.
  5. Hidupnya penuh tanggung jawab.

Nah, sekarang pastinya udah pada tau kan gimana perilaku seseorang yang beriman pada hari akhir. Semoga yang belum tau jadi tau, yang sudah tau makin tau dan yang pastinya semoga bermanfaat.

Laksanakan segala apa yang diwajibkan Allah, niscaya kamu menjadi orang yg paling bertakwa.
(HR. Ath-Thabrani)

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan komentar, bebas asal sopan dan relevan.