Sabtu, 28 Februari 2015

Perdebatan Dalam Hati

angel-on-heart.jpg


Ufftt ... Susah rasanya kalau sudah ada bisikan² halus melintas di pikiran. Bawaannya mager terus. Sering terlintas di pikiran hasutan² yg mengajak saya untuk tdk melakukan perbuatan baik. Hingga pernah suatu saat saya benar² merasakan dampak buruk dari bisikan halus tersebut. Seperti ada dua insan yg saling memberi masukan di dalam hati saya. Antara yg jahat dan yg baik. Seperti yg banyak di ilustrasikan di berbagai film. Sekiranya seperti ini :

Jahat : "Sudahlah dam, nanti aja ngerjain tugasnya. Masih ada banyak waktu ini, tenang aja."

Baik : "Jangan dam, mendingan sekarang aja kmu ngerjain nya. Lebih cepat lebih baik."

Jahat : "masih lama ini waktunya, kamu kan bisa nyantai dulu."

Baik : "Jangan turuti dia dam, dia itu jahat. Ikutilah apa kata hatimu"

Bisikan² seperti itu kadang sering terjadi ketika ada pekerjaan yg blm terselesaikan, tugas numpuk, ada 2 pilihan yang harus dipilih atau biasa disebut labilisasi, dan sebagainya. Bahkan terkadang di dalam hati saya sering terjadi perdebatan yg tak berujung. Setelah saya goggling ternyata Hasutan atau bisikan jahat tersebut kebanyakan berasal dari bangsa jin dan setan yg biasa disebut "Waswasah". Bisikan itu sangat lembut banget sampe ga terasa masuk ke dalam hati kita. Bisikan² halus yang mengandung rayuan, bujukan, dan tipuan untuk melakukan kejahatan, maksiat, dan pengingkaran terhadap Allah Swt.

jahat-v-baik.jpg



Emang sih kita itu gatau persis gimana setan berbisik, tapi efek dari bisikan itu dapat sangat dirasakan dan dilihat dalam kehidupan nyata. Seperti percakapan diatas tadi. Jadi pada dasarnya "lapangan kerja jin, setan, dan iblis adalah hati dan pikiran manusia" karena itu hati dan pikiran harus selalu waspada. Dengan mengingat Allah SWT. melalui dzikir, itulah jalan yg menurut saya paling ampuh, bahkan satu-satunya jalan untuk membentengi bisikan rayuan tersebut. Dari ibnu Abbas ra, Rasulullah SAW bersabda :

"Sesungguhnya setan bercokol di hati putra-putri Adam, apabila ia lengah setan berbisik, dan apabila ia berdzikir setan menjauh."
(HR. Bukhori)


Tak dapat dipungkiri lagi bahwa bisikan, hasutan, rayuan, dan tipu daya yg sering terlintas itu adalah ulah setan dkk. Dan rasanya perdebatan di dalam hati ini pun akan selalu ada. Tinggal gimana sikap kita tuk menanggapi hasutan² tersebut. :)

6 komentar:

  1. kunjungan pertama gan salam kenal

    BalasHapus
  2. SPESIAL ONKLIK01 Maret, 2015 13:11

    Maksih Info agamanya ! saya jadi lebih sadar lagi :ranger:

    BalasHapus
  3. Ruslan Abdul Gani01 Maret, 2015 13:26

    nyimak gan

    BalasHapus
  4. Makasih ilmunya ?

    BalasHapus
  5. Zulfahmi Adam01 Maret, 2015 16:46

    iyya :)

    BalasHapus
  6. Ipang Nurmuhamad01 Maret, 2015 18:17

    kunjungan perdana!
    makasih ya infonya. jadi nambah ilmu lagi!!
    blognya udah di follow jangan lupa folbaknya ya!!

    BalasHapus

Silahkan komentar, bebas asal sopan dan relevan.