Jumat, 06 Februari 2015

Class 3 Story

class3story.jpg
via : MCI

Ini bukan tentang perjuangan, ini lebih kepada sebuah kisah yg sering ditemui setiap kelas 3. Tahun ini kita akan mencetak sejarah lagi vroh. Hah ? Sejarah apaan ?? Kita akan membuat sejarah sebagai generasi muda yang menghadapi Ujian Nasional untuk terakhir kalinya. Temen² pastinya udah pada siap dong? hehe.. Oya apakah kalian dah dapet kisi² untuk UN apa belum? Kalo udah dipelajari dengan baik. Tapi sebelum Ujian Nasional berlangsung, pasti ada beberapa tahapan yang harus dilalui.

1. Pendalaman materi

buku.jpg
 
Yg pertama ada pendalaman materi, sesuai dengan namanya pendalaman materi adalah suatu usaha percepatan pendalaman 4 pelajaran yg di ujiankan. Mempercepat proses pembelajaran disini bisa dibilang terlalu terburu-buru, Dan kadang bisa membuat murid stress. Gimana ga stress? Yg tadinya pendalaman materi itu bertujuan supaya siswa paham,tapi sekarang malah bertujuan yg penting semua materi yg diujiankan udah dibahas. Di saat² kaya gini tuh rasanya otak dah overload. Pemahaman kan butuh proses, ada murid yg cepet bgt ngarti, ada jg yg ga mudeng. Kalo saya si termasuk yg agak faham kalo dijelasin, Apalagi soal itung²an. Tapi ada beberapa materi yang untuk memahami itu butuh waktu, seperti hapalan, rumus, dan sebagainya.
2. Try Out



Try out ini adalah tes tulis untuk latihan ujian atau percobaan ujian. Try out dilakukan untuk mengukur sejauh mana tingkat kesiapan kita dlm menghadapi Ujian Nasional dan try out dilaksanakan supaya murid tidak langsung deg-degan atau panik saat menjalankan kali Ujian Nasional. Try out dari dinas biasanya dilakukan 2 kali, dan kadang sekolah pun mengadakan try out sendiri beberapa kali.
3. Ujian Praktek

melukis.jpg

Ujian praktek merupakan salah satu dari tiga aspek Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Maka dari itu ujian praktek ini sangat penting. Hampir semua pelajaran ada ujian prakteknya, mulai dari B.Indonesia sampe sbk. bahkan ada ujian praktek tambahan yg bkn dari pelajaran misalnya masak.
4. UH2 atau UTS

Ulangan Harian 2 atau Ulangan Tengah Semester adalah kegiatan yg dilakukan oleh Guru atau pendidik tuk mengukur pencapaian kompetensi murid setelah melaksanakan 8 – 9 minggu kegiatan belajar mengajar.
5. Ujian Sekolah

Ujian-sekolah.jpg
 
Ujian sekolah adalah kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi peserta didik yang  dilakukan oleh satuan pendidikan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar dan merupakan salah satu persyaratan kelulusan dari satuan pendidikan. Ini adalah salah satu poin penting juga, untuk kelulusan.
6.Ujian Nasional

ujian-nasional.jpg
 

Dan yg terakhir adalah Ujian Nasional, yaitu salah satu jenis evaluasi yg dilakukan pada dunia pendidikan dan disesuaikan dgn standar pencapaian hasil secara nasional. Mau ga mau, harus mau. Siap ga siap, harus siap. Karena ini adalah final dari sederet ujian yg dilakukan pada setiap tingkat jenjang pendidikan.

Nah itu tadi beberapa hal yang  sering kita jumpai disetiap akhir tingkat jenjang pendidikan, SD, SMP, dan SMA. semua pasti pernah ngalamin seluruh kegiatan tersebut kan? mungkin namanya aja yang berubah-ubah. Tapi isinya sih sama aja. Jadi intinya ujian jgn dibikin ribet, tetap tenang dan di nikmati aja. Biarkan semua berjalan sebagaimana mestinya. :)






Daftar pustaka

4 komentar:

  1. Kunjungan pertama.. .
    Klo ada wkt Jangan lupa mampir ke blog ane ya sob.. .

    BalasHapus
  2. Jadi pengen sekolah lagi :( ditunggu kunbalnya gan. .

    BalasHapus
  3. Jangan dubuat tegang sob :D

    BalasHapus

Silahkan komentar, bebas asal sopan dan relevan.