Selasa, 30 September 2014

Deja vu, Mitos atau Fakta ?

Selamat malam semua.. Dimana pun kalian berada semoga dalam kondisi sehat selalu. Kali ini saya akan membahas tentang Fenomena Dejavu, ya Dejavu disini mungkin sudah gak asing lagi bagi kalian yang pernah mengalaminya. Tapi ada juga yang mungkin sebagian orang mengalaminya tapi gak tau apa nama kejadian tersebut, atau bisa di bilang masih awam lah. Oke biar saya jelaskan dulu, Deja vu adalah sebuah Fenomena yang hampir 70% manusia pernah mengalaminya. Deja vu sendiri berasal dari Bahasa Perancis yang artinya sudah pernah, adalah suatu perasaan ketika seseorang mengalami sesuatu yang pernah terjadi sebelumnya. Selama mengalami sebuah situasi baru, seseorang merasakan suatu kesamaan dengan sesuatu yang dialami di masa lalu. Inti nya sih Deja vu itu adalah peristiwa seseorang merasa pernah merasakan hal yang sama baru saja terjadi di masa lalu nya atau telah melihat hal tersebut itu dalam mimpinya.


Beberapa Jenis Deja vu :

  1. Deja Visite
    Yg pertama adalah Deja visite, Deja vu ini merupakan suatu perasaan pernah mengunjungi suatu tempat yg benar² baru. Seseorang yg mengalami bentuk Deja vu ini mengklaim memiliki bayangan ttg sebuah tempat yg belum dikunjungi. Seseorang mengklaim mengetahui letak geografi suatu tempat ketika dia belum pernah ke sana dlm kenyataannya. Deja visite dicirikhaskan dgn sebuah bayangan yg tak wajar tentang suatu tempat yg blm pernah dikunjungi.
  2. Deja Senti
    Deja Senti adalah fenomena 'pernah merasakan' sesuatu. Suatu ketika kalian pernah merasakan sesuatu dan berkata “Oh iya saya ingat!” atau “Oh iya saya tahu!” namun satu dua menit kemudian sadar bahwa sebenarnya kalian tak pernah berbicara apa pun.
  3. Deja Vécu
    Perasaan yg terjadi pada Deja Vecu lebih kuat daripada déjà vu. Deja vecu seseorang akan merasa pernah berada dlm suatu kondisi sebelumnya dgn ingatan yg lebih detail seperti ingat akan suara ataupun bau.
  4. Jamais Vu
    Jamais Vu (tidak pernah melihat/mengalami) adalah kebalikan dari Deja vu. Kalau Deja vu mengingat hal² yg sebenarnya blm pernah dilakukan sebelumnya, Jamais Vu lain lagi. Tipe Deja vu semacam ini justru tiba² kehilangan memorinya dlm mengingat sesuatu hal yg pernah terjadi dlm diri. Hal ini bisa terjadi karena kelelahan otak.



Mungkin, itu aja yang bisa saya berikan tentang penjelasan singkat ttg Deja vu. Jadi menurut kalian apakah Deja vu ini adalah Mitos atau Fakta? Silahkan berkomentar. Dan jangan lupa Like Fanspage kita disini.



© diolah dari berbagai sumber terpercaya | dengan perubahan seperlunya

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan komentar, bebas asal sopan dan relevan.