Sabtu, 21 Juli 2018

Indah pada waktunya

Yak selamat siang sobat blogger.. Kali ini saya ingin membagikan sedikit cerita yang ada kaitannya dengan ketetapan Allah SWT, bahwa semua itu ada waktunya atau istilah mainstreamnya yaitu 'indah pada waktunya'. Jadi begini ceritanya.... Saat saya sedang mengalami kegagalan kemarin, Bapak saya memberikan wejangan panjang x lebar dan salah satu poin yang saya tangkap yaitu dia berkata "tenang aja dam. Semua akan indah pada waktunya.." Saya mencoba memahami, meresapi, dan merenungkan kata-kata 'indah pada waktunya'. Lalu mulai meng-googling  kisah-kisah yang berhubungan dengan kata-kata tersebut. Dan akhirnya saya percaya bahwa semua akan indah pada waktunya. Sudah banyak orang yang membuktikannya.

indah-pada-waktunya.jpeg

Dalam wejangan nya, Bapak saya bercerita sedikit pengalamannya saat merasakan momen 'indah pada waktunya'. Waktu itu bapak saya baru lulus dari STM (kalau sekarang SMK). Setelah itu bapak saya ingin mencari pekerjaan dan mulai untuk ngelamar2 ke beberapa perusahaan. Berbulan-bulan menunggu panggilan kerja, tapi apa daya belum ada. Sembari menunggu panggilan, Bapak saya kerja di suatu Home industri produksi makanan ringan. Gaji gak seberapa, capeknya luar dalam. Tapi lumayan lah untuk mengisi waktu. Sampai-sampai bapak saya pernah jatuh sakit. Mungkin gara-gara terlalu capek bekerja atau karena emang gak siap fisik mental. Entahlah, Bapak saya tak memberitahukan lebih detail. Setelah sekitar 6 bulanan kerja sampingan seperti itu. Akhirnya di awal tahun baru dapat panggilan kerja dari perusahaan yang cukup ternama. Dan setelah kerja beberapa tahun, Bapak saya bisa kuliah. Yaa walaupun gak sampe selesai karena udah keburu nikah, tapi saya cukup tersentuh mendengar suara bapak saya mencoba meyakinkan saya agar pantang menyerah. Nah dari cerita perjuangan itu juga, saya diberikan pelajaran bahwa semua itu ada waktunya, kita tinggal berjuang keras dan berdoa tentunya agar dapat diberikan keindahan waktu tersebut. Percaya aja bahwa Sang Pencipta, Allah SWT sebaik-baik perencana. Takdir Allah SWT itu pasti lebih baik. Hanya Allah SWT tempat bersandar dan berserah diri. DIA Yang Maha Mengetahui apa-apa yang tidak hambaNya ketahui. Allah SWT tahu apa yang terbaik bagi hambaNya.

Saya sering mendapat masalah, masalah dan masalah. Tiada habisnya menerjang. Pernah saya berpikir untuk menyerah. Tapi tidak jadi saya lakukan. Karena saya tahu impian saya, saya mengerti potensi saya, dan saya sadar siapa saya yang sebenarnya. Saya adalah apa yang saya pikirkan. Jadi saya harus tetap berdiri. Jika saja saya takut gagal, itu sama saja saya tak ingin menggapai kesuksesan. Saya harus tetap melangkah tak kenal lelah walaupun banyak tantangan yang dihadapi. Saya yakin bahawa saya tak sendiri. Ada lebih dari 600.000an pelajar yang senasib dengan saya tentunya. Saya harus selalu bersabar, karena kegagalan yang menimpa kita sebaiknya dimaknai sebagai suatu ujian untuk mencapai level yang lebih tinggi. Karena memang ini kan judulnya peralihan dari masa sekolah ke kuliah, dan dari masa pelajar ke mahasiswa. Jadi wajar aja ujiannya gak sembarangan. Disaat kalian jatuh dan putus asa. Ikhlaskan saja dan coba lagi di lain kesempatan. Ingatlah selalu kata-kata 'indah pada waktunya'. Gagal itu hal biasa, bukan akhir segalanya. Itu merupakan awal cerita indah.

Setelah dirasakan dengan cermat. Sebenarnya kegagalan itu hanya akan berguna, jika setelah gagal itu ada suatu pencapaian yang lebih tinggi yang bisa diraih. Jika tidak, maka kejatuhan itu akan menjadi sia-sia. Karena itulah kemampuan kita untuk bersabar dan menikmati saat-saat gagal sangat diperlukan. Sebagaimana saya merayakan kegagalan seperti tempo hari. Karena, ada waktunya kegagalan itu terjadi diluar kemampuan manusia untuk mengatasinya. Tergantung dari cara kita menghadapi kegagalan tersebut. Nahh sebelum sisa umur kita habis, janganlah pernah menyerah. Jangan pernah lelah berlari menjemput masa depan yang telah menanti diujung sana. Jadikan kekalahan sebagai pengalaman untuk meraih kemenangan. Dan ingatlah bahwa semua akan indah pada waktunya!


0 comments:

Posting Komentar

Silahkan komentar, bebas asal sopan dan relevan.