Minggu, 12 Mei 2019

Pengalaman UTBK untuk yang kedua kalinya

Assalamu'alaikum.. Selamat malam sobat blogger.. Untuk postingan kali ini saya mau cerita lagi tentang UTBK gelombang kedua yang baru saja saya laksanakan kemarin. Jadi untuk UTBK tahun ini memang ada keistimewaan dimana ujiannya bisa mengikuti dua kali tes. Untuk UTBK Gelombang II dilaksanakan pada 11- 26 Mei 2019. Dan lagi-lagi saya harus mengikuti ujiannya di hari pertama gelombang kedua. Mau tau gimana ceritanya? Oke langsung aja disimak ya sob.

Jadi begini... Pada saat pendaftaran UTBK gelombang kedua dibuka akhir maret kemarin tepatnya pada tanggal 25 maret, saya tak ingin mengulang kejadian pada saat UTBK gelombang pertama yaitu terlalu santai mendaftar, jadinya saya mendaftar di hari pertama pendaftaran UTBK gelombang kedua. Setelah itu saya lihat-lihat tanggal yang tersedia, ternyata masih banyak yang kosong. Kata bapak saya pilih aja tanggal pertama biar gak terlalu dekat sama Lebaran, yaudah saya nurut aja akhirnya saya pilih tanggal 11 Mei yang mana itu tanggal pertama di gelombang kedua. Ohh iyaa saya juga pilih sesi siang biar ada waktu untuk tidur dulu, karena sekarang kan udah masuk puasa ramadhan. Biar gak buru-buru juga. Hehe..

Lalu setelah memilih tanggal UTBK, saya harus memilih pusat UTBK. Saya cari-cari pusat UTBK yang berada di UNSIKA dan alhamdulillah masih tersedia. Yaudah tanpa mikir panjang saya langsung pilih disitu. Setelah selesai mendaftar, keluar dah nama tempat untuk UTBK gelombang kedua saya yaitu di kampus UNSIKA. Wahh.. Saya senang sekali, ternyata ujiannya benar-benar di UNSIKAnya bukan di sekolah-sekolah kayak kemarin gelombang pertama. Untuk urusan survei lokasi UTBK gelombang kedua ini saya kira tidak perlu. Kenapa demikian? Karena lokasi berada tepat di kampus UNSIKA, yang mana itu merupakan kampus tempat abang saya menimba ilmu disana. Jadinya bisa sekalian aja dianterin tanpa perlu repot-repot survei lagi.


Tibalah pada hari pelaksanaan UTBK gelombang kedua. Saya berangkat dari rumah jam 11 siang naik motor ditemenin abang saya. Perjalanan sekitar satu jam dari Cibitung ke Karawang. Nyampe sana itu sudah azan Zhuhur, yaudah sekalian solat dulu di masjid UNSIKA. Dan setelah itu barulah saya melaksanakan UTBK gelombang kedua di hari pertama dengan penuh keyakinan.

UTBK-gel-2.jpeg


Alhamdulillah hirobbil'alamin.. Semua berjalan dengan lancar dan baik. Tidak ada kendala selama pelaksanaan UTBK berlangsung. Saya rasa UTBK gelombang kedua ini lebih mudah dikerjakan daripada yang pertama. Soalnya saya jawab soalnya lebih banyak yang bisa dibandingkan dengan gelombang pertama. Pengerjaannya juga lebih nyaman kali ini karena ruangannya berAC dan komputernya lebih besar dari yang di Bogor kemarin.


Kekurangannya masih sama dengan gelombang pertama yaitu terletak di waktunya. Tidak ada waktu istirahat. Jadi tidak ada jeda waktu antara pengerjaan TPS dan TKA Saintek. Semua disatukan pengerjaannya selama kurang lebih empat jam lamanya. Apakah panitia tidak evaluasi dari gelombang pertama ya? Kan udah banyak yang komplain sebenarnya. Tapi entah kenapa seperti tidak ada tanggapan yang berarti dari pihak LTMPT.

Setelah selesai mengerjakan UTBK gelombang kedua di hari pertama, saya sholat Ashar dulu di masjid UNSIKA lagi lalu setelah itu barulah saya pulang ke rumah. Selama perjalanan pulang, eh di tengah jalan sudah keburu azan maghrib akhirnya saya buka dulu di jalan, untungnya udah jaga-jaga bawa air minum. Saya buka puasa hanya pake air, yang penting udah ngebatalin. Setelah itu lanjut dah pulang. Perjalanan pulang jadi lebih lama karena agak sedikit macet disebabkan banyaknya orang yang keluar mencari hidangan berbuka. Yaa maklum lah.. Kan bulan puasa. Akhirnya saya nyampe rumah sekitar jam setengah tujuh malam. Saya langsung melanjutkan berbuka dan beristirahat.


Yak, mungkin itu saja yang bisa saya ceritakan tentang pengalaman UTBK untuk yang kedua kalinya kemarin. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi siapapun kalian warganet yang nyasar ke sini. Kurang lebihnya mohon dimaafkan.


0 comments:

Posting Komentar

Silahkan komentar, bebas asal sopan dan relevan.